Pages

Tuesday, September 27, 2011

Ayo Makan Bayam..!!!


Ada yang nggak tau apa itu bayam..??
Hmm...
Itu lho, yang Bahasa Inggrisnya “spinach”, nama ilmiahnya “Amaranthus spp” dan terkenal sebagai makanan favoritenya Popeye.
Bayam itu punya banyak manfaat lho...
Makanya Popeye suka banget makan bayam.
Hwehehe...


          Bayam mengandung beragam zat gizi, bahkan World’s Healthiest Foods Rating mendaulat sayuran ini dalam kategori excellent untuk kandungan vitamin K, A, C, B2, B6 dan folat. Kandungan mineral seperti zat besi, magnesium, mangan, kalium dan kalsium di dalamnya juga termasuk dalam kategori excellent.
          Kandungan nutrisi di dalam bayam mempunyai banyak manfaat, antara lain ini nich...
  •       Vitamin K yang berperan dalam menghambat pembekuan darah, sebagai antioksidan, mencegah penyakit stroke dan kanker, mencegah penuaan dini.
  •       Vitamin A yang utamanya berperan dalam fungsi penglihatan, selain itu juga berfungsi menjaga kesehatan pencernaan serta memelihara sel-sel kulit.
  •      Zat besi yang berfungsi menggantikan sel darah yang hilang.
  •      Flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker dan antioksidan.
Walaupun mengandung banyak zat gizi, tapi perlu diperhatikan dalam pengolahannya. Bayam mengandung zat besi (ferro), jika terlalu lama kontak dengan udara akan teroksidasi menjadi fe3 (ferri) sehingga bersifat toxid bagi tubuh. Bayam juga mengandung nitrat, yang akan berubah menjadi nitrit jika teroksidasi terlalu lama dengan udara, sehingga bersifat racun. Nitrit akan semakin banyak jika sayur bayam didiamkan atau dimasak berulang-ulang.Maka dari itu, jangan memanaskan sayur bayam dan jangan mengkonsumsi sayur bayam lebih dari 4 jam setelah dimasak.

Sumber : Majalah Dokter Kita, Edisi 8, Th. IV, Agustus 2009



Ayo Makan Bayam..!!!
Biar Kuat Kaya Popeye... 

2 comments:

  1. ntar jadi kayak popeye!tangannya berubah jadi jangkar,palu,meriam!xixi
    ntar jadi kayak popeye!tangannya berubah jadi jangkar,palu,meriam!xixi

    ReplyDelete
  2. ada bayem yang bisa bkin gemuk nggak ?

    ReplyDelete